Sabtu, 05 Oktober 2013

PERBEDAAN ANTARA AKUPUNKTUR DAN AKUPRESUR


Keduanya adalah bentuk pengobatan China yang telah digunakan sejak zaman kuno, yang berprinsip pada stimulasi meridian dalam tubuh, tujuan daripada pengobatan ini adalah keseimbangan.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara akupunktur dan akupresur :
Akupunktur
1.    Akupuntur, atau Zhen Jiu adalah praktek merangsang meridian dalam tubuh dengan menggunakan jarum.
2.    Jarum yang digunakan dalam praktek akupunktur ditusukkan pada kulit di berbagai titik akupunktur yang berbeda.
3.    Jarum harus ditusukkan ke titik-titik akupunktur secara tepat. Pemilihan lokasi yang salah tidak akan membuahkan hasil yang diinginkan bahkan malah membahayakan.
4.    Karena memerlukan tingkat presisi tinggi, dibutuhkan praktek tahunan hingga seseorang bisa menjadi terapis akupunktur yang handal.
5.    Jika dilakukan dengan tepat, efek akupunktur biasanya akan bertahan dalam jangka panjang.

Akupresur
1.    Akupresur, atau Zhi Ya memiliki prinsip yang sama dengan akupunktur yaitu merangsang meridian. Bedanya, akupresur tidak menggunakan jarum, melainkan jari-jari terapis.
2.    Dalam Dalam praktek akupresur, terapis menekan titik tertentu dari tubuh pasien menggunakan jari atau siku.
3.    Akupresur, jika dibandingkan dengan akupunktur, mencakup daerah tubuh yang lebih luas. Selain itu, akupresur tidak memerlukan presisi tinggi sebagaimana dibutuhkan akupunktur.
4.    Akupresur lebih mudah dipelajari dibandingkan akupunktur. Bahkan orang awam sekalipun bisa mempelajari akupresur dalam waktu relatif singkat.
5.    Dibandingkan akupunktur, efek pengobatan akupresur akan berlangsung lebih singkat sehingga diperlukan pengulangan lebih sering.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar